Panduan ini akan menjelaskan tata cara mengunduh dan menginstal LibreOffice pada komputer GNU/Linux, MacOS dan Windows. Panduan ini pertama kali diterbitkan di BLOI, yaitu komunitas pengguna LibreOffice dari Sabang sampai Merauke. Menyebarluaskan tulisan ini diizinkan dan sangatlah diapresiasi. (Malsasa)

Tentang LibreOffice

LibreOffice adalah aplikasi komputer dari Jerman yang bagus untuk mengetik dokumen digital, merupakan Free Software dan Open Source (FOSS), bisa diperoleh gratis sekaligus legal. Ia terdiri dari Writer, Calc dan Impress. Format dokumen LibreOffice adalah standar nasional Indonesia dan secara resmi didukung oleh negara sejak 10 tahun lalu. Ia juga merupakan program alternatif dan/atau pengganti untuk Word, Excel, PowerPoint sebab tidak seperti Microsoft Office, LibreOffice menunaikan hak penggunanya. Dengan menggunakan LibreOffice, kita tidak dilarang untuk berbagi dengan orang lain dan tidak pula jatuh pada pelanggaran lisensi. Untuk belajar LibreOffice, Anda tidak sendirian dan bisa bergabung dengan komunitas kami di Telegram yang anggotanya terdiri dari pelajar, pengajar, mahasiswa, karyawan, programer, tua / muda pria / wanita teman-teman kita dari seluruh Indonesia.

 

Pemasangan pada GNU/Linux:

LibreOffice sudah terpasang secara bawaan di kebanyakan sistem operasi GNU/Linux seperti Ubuntu, Fedora dan openSUSE (kecuali sebagian kecil seperti elementary OS). Oleh karena itu, berikut ini tata cara mengunduh dan menginstalnya berlaku untuk semua pilihan GNU/Linux:

1. Kunjungi laman unduhan LibreOffice as AppImage.

2. Pada laman unduhan, pilih pilihan pertama versi Still.

3. Anda mengunduh program LibreOffice yang bernama akhir .AppImage.

4. Klik-ganda program itu.

5. LibreOffice berjalan & siap digunakan.

6. Bila tidak bisa, berikan hak eksekutabel padanya lalu ulangi langkah 4.

 

Pemasangan pada Windows:

LibreOffice bisa dipasang dan dioperasikan pada komputer Windows dan tidak mengganggu jalannya aplikasi lain seperti Microsoft Word.

1. Kunjungi laman unduhan LibreOffice.

2. Pilih sistem operasinya Windows 32-bit atau 64-bit sesuai komputer Anda.

3. Anda mengunduh program LibreOffice yang bernama akhir .msi.

4. Klik-ganda pada programnya maka muncul wisaya instalasi LibreOffice.

5. Klik Next pada setiap langkah sampai Finish.

6. Jalankan LibreOffice dari start menu.

7. LibreOffice berjalan & siap digunakan.

 

Pemasangan pada macOS:

LibreOffice bisa dipasang dan dioperasikan pada komputer Macintosh dan tidak mengganggu jalannya aplikasi lain seperti Apple Pages.

1. Kunjungi laman unduhan LibreOffice.

2. Pilih sistem operasinya macOS.

3. Anda mengunduh program LibreOffice berakhiran nama .dmg.

4. Klik-ganda program itu, muncul jendela instalasinya.

5. Seret-lepas logo LibreOffice ke folder Applications pada jendela yang sama.

6. LibreOffice terpasang & siap digunakan.

 

Penutup

Demikian tata cara pemasangan LibreOffice. Salam sapa, komentar dan saran bisa Anda sampaikan pada kolom di bawah. Tulisan ini boleh disebarluaskan, dikutip dan diterjemahkan dengan syarat Anda mengakui penulis aslinya dan lisensinya tetap CC BY-SA. Semoga tulisan ini ikut mencerdaskan bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *